Toyota Raize Pakai Mesin 3 Silinder, Getaran Mesin Bertambah Kasar?


toyota-raize-pakai-mesin-3-silinder-getaran-mesin-lebih-kasar-1

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Suara. com – Toyota Astra Motor pada akhir April kemarin meluncurkan Toyota Raize, mobil bermesin 1000cc turbo 3 silinder. Mobil anyar tersebut diharapkan bisa menjadi satu diantara penopang penjualan Toyota pada Indonesia.

Masalahnya para penggemar otomotif sudah mafhum bila mobil bermesin 3 silinder cenderung memiliki getaran mesin lebih kasar. Lalu bagaimana dengan mesin Toyota Raize?

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengaku pihaknya sudah mengantisipasi masalah ini. Ia mengisbatkan bahwa Toyota Raize paltform dan mesin baru.

“Mungkin sudah pernah dijelaskan maklumat dari mobil ini bertentangan dengan LCGC. Dengan perbedaan ini opportunity jadi lebih baik, ” ujar Anton, di Jakarta.

Baca Juga: Mengapa Fitur TSS Hanya Tersedia di Toyota Raize GR Sport?

Lebih lanjut, dijelaskan Anton, stigma deru mesin yang kasar pada mobil 3 silinder tidak selalu begitu. Contohnya, imbuh dia, Toyota GR Yaris yang pula bermesin 3 silinder.

Toyota Raize, beber Anton, benar diterima antusias oleh pasar Jepang yang menurutnya lebih sensitif terhadap performa mobil. Di Jepang, Raize benar lebih dulu meluncur.

“Raize itu second best seller di Jepang. Pernah kira-kira kali best seller dalam Jepang. Ini bisa menggambarkan bahwa teknologi dan engine baru bisa diterima pada Indonesia, ” ungkap Anton.

Mesin Toyota Raize adalah 1KR-VET 1. 000 cc 3-silinder turbo bertenaga 98 ps atau setara 96 tk dalam 6. 000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2. 400 – 4. 000 rpm. Tenaga itu disalurkan ke penggerak jentera depan, melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT.

Baca Juga: Pesan Toyota Raize Saat ini, Diterima Usai Lebaran