Perancang McLaren P1 Bantu Siswa Membuat Mobil untuk Balapan di Bulan


Perancang McLaren P1 Bantu Siswa Membuat Mobil untuk Balapan di Bulan

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Pandangan. com – Sebuah perusahaan berencana untuk mengadakan balap mobil yang dikendalikan dari jangka jauh di permukaan Bulan. Rencananya akan bergulir pada 2021.

Sebagian wahana balap akan dirancang siswa sekolah menengah bersama Frank Stephenson, desainer McLaren P1–sebuah supercar bertenaga elektrik dengan pasokan energi dari McLaren E-Motor. Mobil remote control itu akan diluncurkan ke Bulan pada Oktober 2021 dengan bantuan pendarat Bulan Nova-C.

Perlombaan akan diadakan Moon Mark pada kemitraan dengan Intuitive Machines & Lunar Outpost serta akan membabitkan dua tim yang terdiri daripada para siswa Amerika Serikat.

“Kompetisi Moon Mark’s Mission satu akan mencakup enam tim siswa sekolah menengah yang dipilih dari seluruh Amerika Konsorsium, yang akan bersaing dalam serangkaian tantangan kualifikasi yang mencakup tuntutan keahlian unik, seperti drone dan balap kendaraan otonom hingga e-gaming, ” tulis Moon Mark di siaran pers seperti dikutip IFL Science pada Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Bersiap Garap Mobil Listrik Premium, Volvo Cars Investasi Rp1, 1 Triliun

McLaren P1 GTR milik Lewis Hamilton. Sebagai ilustrasi [Instagram: @lewishamilton].

Setelahnya, dua tim teratas yang berhasil lolos babak kualifikasi hendak mendapatkan kesempatan untuk membangun dua kendaraan dan melakukan balapan di Bulan.

Perusahaan berharap misi ini hendak menambah imajinasi siswa di seluruh dunia, menawarkan kesempatan kepada penumpang kelas atas untuk mendapatkan rekreasi di Bulan, dan lebih jauh mengembangkan batasan kendaraan luar angkasa.

Tunggangan balap tadi masing-masing memiliki bobot sekitar 2, 5 kg & saat ini tengah digarap Lunar Outpost. Perusahaan ini memiliki spesialisasi dalam mobilitas kedirgantaraan dan mengadaptasi Mobile Autonomous Prospecting Platform (MAPP).

Namun memikirkan para siswa mengendalikan mobil balap dari Bumi, kemungkinan ada keterlambatan dalam pengoperasian dengan remote control. Diperkirakan ada penundaan 2, 6 detik saat telunjuk menekan konsol dan pengemudi melihat tunggangan andalannya berbelok.

Selain membopong peranti balap mobil, pendarat Bulan Nova-C juga membawa peralatan ilmiah dalam kemitraannya secara NASA. Peluncuran yang dibantu peluncur roket Falcon 9 milik SpaceX ini bakal menjadi upaya kolaboratif dan mewakili pendaratan Bulan menguntungkan pertama.

Baca Serupa: Menuju Era Elektrifikasi dan Swakemudi, Kia Motors Tunjuk Won Kyu Kang