Nissan Gandeng Perusahaan China Bentuk Pabrik Baterai di Jepang dan Inggris


nissan-gandeng-perusahaan-china-bangun-pabrik-baterai-di-jepang-dan-inggris-1

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Nissan Motor akan bermitra dengan produsen baterai asal Tiongkok, Envision AESC untuk membangun bengkel baterai untuk kendaraan listrik di Jepang dan Inggris.

Proyek itu, seperti dilansir Reuters dan Nikkei , Jumat (28/5/2021) akan menelan investasi sebesar 200 miliar yen ataupun sekitar Rp 26 triliun.

Rencananya Nissan akan mulai memproduksi aki di dua pabrik anyar itu pada 2024. Ke-2 pabrik itu akan mempunyai kapasitas produksi yang cukup untuk menghidupi 700. 000 mobil listrik per tahun.

Nissan sendiri, menanggapi informasi ini, hanya memberikan komentar singkat.

Baca Juga: Fokus Mobil Listrik, Nissan Siapkan Pabrik Baterai Sendiri

“Nissan akan terus mengakselerasi elektrifikasi ke pokok netralitas karbon, akan tetapi untuk saat ini ana belum memiliki rencana untuk diumumkan, ” kata juru bicara Nissan.

Baterai merupakan salah satu komponen menyesatkan mahal dari mobil elektrik. Kelangkaan material adalah alasan mengapa baterai kendaraan elektrik harus ditebus dengan makna tinggi.

Sebelumnya diwartakan kalau kemungkinan besar pabrik baterai Nissan akan dibangun pada Sunderland, Inggris. Lokasi tersebut paling memungkinkan karena pada kota itu sudah ada pabrik mobil Nissa dengan memproduksi Nissan Juke. Rumornya pabrik di Inggris bakal memproduksi hingga 200. 000 baterai setahun.