Menghadap Tutup Tahun, Pasar Ekspor Lebih Baik Dibanding Domestik


Menghadap Tutup Tahun, Pasar Ekspor Lebih Baik Dibanding Domestik

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Suara. com kepala Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengungkapkan bahwa pencapaian ekspor di 2020 lebih baik sebab sebelumnya.

“Kalau kita lihat ekspor saat ini, dari sudut pencapaian tahunannya di bulan November ini mungkin kiranya 70 persen dibandingkan 2019, ” ujar Bob Azam, saat bicara virtual bersama awak media, belum lama.

Ia menambahkan bahwa ekspor Nasional saat ini sudah mencapai angka 180 seperseribu unit. Khusus untuk Toyota sudah mencapai 127 ribu sampai November.

Maka kira-kira kalau dibanding 2019 tersebut akan ditutup turun sekitar 30 sampai 25 persen.

Baca Juga: COVID-19 Belum Usai, Penjualan Mobil Dengan Digital Alami Peningkatan

Pengiriman ekspor mobil Toyota dalam Tanjung Priuk. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

“Khusus untuk November, angka ekspor kami pada 2020 justru bertambah baik dari pada 2019. Naik sekitar sembilan persen. Jadi tersebut menunjukkan kami memiliki optimisme buat 2021, ” kata Bob Azam.

Tatkala untuk pasar domestik, sambungnya, recovery pasar baru sampai 50 komisi. Jadi recovery otomotif untuk rekan ekspor terlihat lebih cepat dibanding dalam negeri.

Untuk itu, Bob Azam berharap dengan adanya vaksin COVID-19, kondisi pasar di 2021 mampu lebih baik. Walaupun di satu sisi ada optimisme tapi dalam sisi lain juga perlu memiliki kehati-hatian bahwa dunia ini masih diliputi ketidakpastian karena penanganan virus Corona jenis baru.

“Banyak kalangan yang tahu bahwa 2021 kita bisa kita recovery. Tapi bisa juga kita menghadapi situasi yang tidak jelas. Karena beberapa negara ada yang melakukan lockdown kembali, ” tutup Bob Azam.

Baca Pula: Best 5 Oto: Mobil Listrik Menteri Budi Karya Sumadi, Kejelasan Nasib Ducati