Menggalakkan Fasilitas Keselamatan, ASTRA Tol Cipali Pasang Wire Rope


Menggalakkan Fasilitas Keselamatan, ASTRA Tol Cipali Pasang Wire Rope

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Suara. com kepala PT Lintas Asas Sedaya yang kini memiliki branding name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) semenjak diakuisisi pada akhir 2019 sebab ASTRA Infra–salah satu grup ASTRA International Tbk–mencatat peningkatan performa kinerja operasional dalam memberikan pelayanan sempurna kepada pengguna jalan.

Dalam bidang pembicaraan, dilakukan penambahan empat unit gardu satelit dengan 14 gardu istimewa, tujuh Gardu Tol Otomatis (GTO), tiga gardu satelit arah Palimanan, dan lima arah Cikopo. Secara penambahan ini, jumlah total gardu di Gerbang Tol Palimanan sebanyak 44 unit yang dapat dioperasikan secara maksimal sebanyak 22 congkong arah Palimanan dan 22 gardu arah Cikopo.

Selain itu pada fasilitas fakta dilakukan penambahan dua unit VMS (Variable Message Sign) yang berkecukupan di lajur Cikopo dan jalur Palimanan sehingga total VMS yang tersebar di sepanjang Ruas Tol Cipali sebanyak sembilan unit. Penambahan VMS ini juga tentunya didukung teknologi terbaru bagi kenyamanan pemakai jalan dalam memperoleh informasi terupdate seputar lalu lintas di Buku Tol Cipali.

“Dalam memberikan pelayanan pada pengguna jalan, di 2020 itu ASTRA Tol Cipali telah meningkatkan beberapa fasilitas layanan, seperti servis transaksi, juga layanan informasi, ” papar Agung Prasetyo, Direktur Proses ASTRA Tol Cipali.

Baca Juga: Libur Nataru, Volume Kendaraan Lewat Pungutan Cipali Diprediksi Meningkat

Operasional ruas tol yang dikelola ASTRA Tol Cipali [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Dengan adanya penambahan empat unit gardu planet di Gerbang Tol Palimanan dan VMS dengan fitur terkini, Istimewa Prasetyo menyebutkan inilah upaya sebab pihaknya dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan sehingga perjalanan di Tol Cipali sanggup dirasakan Lancar, Aman dan Sejuk (LAN).

Pada bidang layanan keselamatan, ASTRA Tol Cipali memiliki program 3E (Education, Engineering dan Enforcement). Di dalam sisi enforcement, ASTRA Tol Cipali terus melakukan upaya dalam memajukan kesadaran pengguna jalan terhadap kebahagiaan dan keselamatan berkendara.

Bekerja sama secara Kementerian Perhubungan dan Polda Jawa Barat, ASTRA Tol Cipali dengan rutin setiap tiga bulan sekadar melakukan operasi penindakan Over Dimension dan Overload (ODOL) kepada instrumen golongan 2-5.

Tidak hanya itu, sinergi ASTRA Tol Cipali dan Polda Jawa Barat juga dilakukan dalam melangsungkan operasi speed gun atau batas kecepatan setiap dua bulan sekali guna memberikan efek jera serta sebagai bentuk ajakan untuk berkendara sesuai aturan dengan tertib mematuhi batas kecepatan minimal 60 km per jam dan maksimal 100 km per jam.

Pada sisi engineering, ASTRA Tol Cipali juga mengabulkan penambahan fasilitas keselamatan dengan mencantumkan pembatas jalan yang biasa dikenal wire rope. Saat ini sudah terpasang sepanjang 44 KM sampai akhir Desember akan terpasang 79 Km dan dipastikan sebelum Lebaran 2021 wire rope akan terpasang di Ruas Tol Cipali sepanjang 106 KM.

Membaca Juga: GT Palimanan Ramai Lancar, Dilintasi Dua Ribu Kendaraan per Jam

Wire rope merupakan pagar pembatas yang dibuat dari sling baja yang mampu menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton. Dengan pemasangan wire rope ini diharapkan fatalitas yang terjadi di Tol Cipali akan terus menurun.