Lakukan CSR, FIFGroup dan Grup Astra Bantu Pembiayaan UMKM Senilai Rp1, 4 Miliar


lakukan-csr-fifgroup-dan-grup-astra-bantu-pembiayaan-umkm-senilai-rp14-miliar-1

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Suara. com – PT Federal International Finance (FIFGroup), perusahaan multi finance yang turut melayani pembiayaan sepeda motor Honda, berkolaborasi dengan Grup Astra menyalurkan dana tanpa kembang bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) senilai mutlak Rp1, 4 miliar buat tahun ini.

Dikutip daripada kantor berita Antara , Chief of Corporate Communication and CSR FIFGroup, Yulian Warman mengatakan dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR), FIFGroup memiliki empat pilar. Lengah satunya adalah Pilar Pemberdayaan Masyarakat.

Zona, untuk tahun ini, Pilar Pemberdayaan Masyarakat difokuskan buat pengembangan UMKM melalui Rencana Dana Bergulir.

“Tahun itu, kami memfokuskan program CSR pada Pilar Pemberdayaan Umum untuk pengembangan UMKM mencuaikan Program Dana Bergulir yang dananya berasal dari Simpanan Sosial Syariah FIFGROUP, ” jelas Yulian Warman dalam webinar FIFGroup yang berlangsung Rabu (26/5/2021).

Baca Juga: Diskusi Workshop Astra International: Industri Komponen Sampai Mobil Listrik

Ilustrasi FIFGoup [FIF]

“Dengan network ana yang tersebar di segenap titik di Indonesia, ana menargetkan agar program tersebut bisa dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM yang dalam seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke khususnya karakter UMKM mikro agar tetap hidup dan produktif, sehingga mampu berkontribusi terhadap kelanjutan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada keputusannya berdampak pada ekonomi Nasional, ” imbuhnya.

Adapun pembiayaan tanpa bunga Rp1, 4 miliar tadi disalurkan pada 524 UMKM di segenap Indonesia. Sementara pada 2016 hingga 2020, FIFGroup telah menyalurkan dana serupa untuk 279 UMKM dengan mutlak nilai Rp846, 5 juta.

Selain memberikan pembiayaan minus bunga, melalui program ini, FIFGroup juga berinisiatif untuk mengembangkan UMKM binaannya secara cara menginisiasi memberikan kira-kira program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.

Salah satunya sudah dilakukan sehari lalu, Selasa (25/5/2021), saat FIFGroup menunaikan webinar bagi pelaku UMKM bertajuk, “Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM” .

Program pelatihan ini adalah bagian dari rangkaian khusus yang dilakukan FIFGroup berkolaborasi dengan salah utama lembaga Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) untuk membantu pemerintah dalam mempercepat pembangkitan perekonomian melalui sokongan pembinaan UMKM di Nusantara.

Menangkap Juga: Deteksi Mobil Pakai Vehicle Diagnostic Tool, Silakan ke Astra Otoservice

Pelatihan itu dihadiri lebih dari 400 UMKM hasil binaan kalender kolaborasi Grup Astra, yakni FIFGROUP, Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, YDBA, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA – MDR), dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).