Kembali Tahun ke-75, Kepolisian RI Bingkiskan Kado Vaksinasi Covid-19 Sejuta Dosis


ulang-tahun-ke-75-kepolisian-ri-bingkiskan-kado-vaksinasi-covid-19-sejuta-dosis-1

Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Suara. com – Pada memperingati hari jadi Kepolisian Republik Indonesia, Hari Bhayangkara ke-75 yang jatuh di dalam 1 Juli 2021, Jajaran Bhayangkara mendukung program Serbuan Vaksinasi Nasional dengan bahan 1 juta dosis vaksin per hari.

Dikutip lantaran kantor berita Antara , realisasi tumpuan 1 juta atau sejuta dosis vaksin dalam kepala hari itu tercapai menggunakan kegiatan vaksinasi massal Polri yang dilaksanakan serentak di 34 Polda beserta leretan se-Indonesia pada Sabtu (26/6/2021).

Kegiatan vaksinasi massal Polri didukung TNI ini dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Bhayangkara depan Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Divisi Humas Polri mencatat mutlak penerima vaksin pada keadaan itu mencapai 1. 285. 460 orang. Jumlah daerah yang paling banyak melaksanakan vaksinasi adalah Jawa Barat, mencapai 164. 425 ukuran, sedangkan Kalimantan Utara tercatat wilayah paling sedikit, yaitu 8. 558 dosis.

Baca Juga: Polisi Tangkap Penganiaya Sopir Truk Bandela di Jakarta Utara, Pelaku Pakai Pajero

Kapolri Jenderal Penuh Listyo Sigit Prabowo didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan keterangan pers pengamalan vaksinasi massal dalam lembaga HUT Bhayangkara ke-75, dalam Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2021) [ANTARA/Laily Rahmawaty].

Vaksin yang disuntikkan merupakan produksi Sinovac, target umum umum dengan rentang usia di atas 18 tahun ke atas. Melibatkan 54. 482 vaksinator tersebar dalam 4. 838 titik mengungkung seluruh gedung Polda, Polres/Poltabes, Polsek, gelanggang olah raga, stadion, terminal, alun-alun kabupaten/kota, pendopo bupati/wali kota, rumah desa, Puskesmas, kantor kecamatan hingga area parkiran was-was perbelanjaan serta perhotelan yang ada di Indonesia.

Temperamen Polri mendukung penanganan Covid-19 di Tanah Air selalu tertuang dalam tema Keadaan Bhayangkara ke-75. Yaitu “Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Bugar dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju” .

Adapun desain yang dilakukan Kepolisian RI untuk memenuhi target mas vaksin ini antara lain adalah:

  • Setiap provinsi menyiapkan minimal tiga sentra vaksinasi di provinsi, Bidokkes, RS Bhayangkara dan Mapolda. Untuk provinsi percepatan lima sentra vaksin.
  • Setiap Polres menyiapkan minimal dua setra vaksinasi, sedangkan Polres di Pulau Jawa, Polresta maupun Polrestabes sedikitnya tiga sentra vaksin.
  • Pengamanan dan percepatan distribusi vaksin dari Biofarma ke kabupaten/kota.
  • Mobilisasi masyarakat atau peserta oleh Ditbinmas dan Bhabinkamtibmas Polsek dan Polres.
  • Dan tak roboh penting adalah strategi Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo, yaitu mengantisipasi kabar bohong atau hoaks atas Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI), serta kehalalan vaksin, terutama vaksin AstraZeneca.
  • Membentuk 12 rayonisasi vaksinator yang disiapkan Polri sebagai tenaga vaksinator tambahan pada rangka pendampingan kegiatan vaksinasi nasional sebanyak 1. 600 personel.
  • Membentuk Tim Revaco atau Resime Vaksinator Covid-19 untuk mengisi kegiatan vaksin di sentra yang kekurangan vaksinator laksana Kepulauan Riau, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah & Jawa Timur.
  • Dalam proses vaksinasi, Kapolri meminta jajaran untuk melaksanakan pemantauan kepada masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan tubuh (prokes) menerapkan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, mengindahkan masker, menjauhi kerumunan & mengurangi mobilitas).
  • Polri mencetak buku arahan pedoman kontijensi klaster Covid-19 dan didistribusikan kepada aparat khususnya Bhabinkamtibmas yang bekerja di Posko PPKM Mikro. Tujuannya membantu anggota dengan menjadi garda terdepan pada penanganan Covid-19. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Penuh Argo Yuwono menyatakan kunci ini adalah salah satu bentuk kontribusi dan perjuangan Polri dalam mendukung pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 yang belakangan ini semakin menggembung.
  • Melatih 2. 284 relawan tracer Covid-19 yang melibatkan personel Polri serta masyarakat mitra Kepolisian di DKI Jakarta.

Kemampuan Polri melaksanakan vaksinasi massal dalam 34 Polda se-Indonesia itu mendapat apresiasi Presiden Joko Widodo.

Selamat Hari Bhayangkara ke-75 bagi Bapak & Ibu Polisi di semesta Indonesia, Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia. Terus semangat berkarya membangun negeri bersama masyarakat.

Mengucapkan Juga: Populerkan Kendaraan Listrik, PLN Bali Gandeng Komunitas Otomotif